PLN Bangun PLTS di Indonesia Bagian Tengah




Demi pemerataan listrik ke seluruh Indonesia, PLN berencana menambah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ke pulau-pulau terpencil di kawasan Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi dan Gorontalo.

PLN mengatakan bahwa pembangunan PLTS akan dilakukan disejumlah pulau terpencil di sulaeesi dan gorontalo, prediksinya pembangunan ini akan rampung pada tahun 2014.

Proyek PLTS bertujuan untuk menekan subsidi listrik dikawasan sulawesi gorontalo dengan signifikan, dengan proyek ini PLN optimis dapat mengurangi penggunaan solar untuk pembangkit listrik tenaga diesel sebesar 40 persen diakhir tahun 2013.

Proyek pembangunan PLTS sebelumnya telah berhasil mendirikan 11 PLTS, salah satu PLTS tersebut berkapasitas 350 KWP yang mampu memasok listrik ke 400 rumah. Sejak penggunaan PLTS ini, PLN bisa menghemat penggunaan 66 juta kilo liter solar pertahun. Untuk saat ini PLTS tersebut hanya efektif memasok listrik pada siang hari, pasalnya PLTS tersebut hanya memiliki 1 baterai yang tidak kuat untuk menyimpan dan memasok listrik pada malam hari,sehingga kekurangan pasokan listrik disuplai fari pembangkit listrik tenaga diesel.

Dalam perencanaan pembangunan PLTS, PLN berfokus pada 12 pulau di daerah sulawesi dan gorontalo, selain PLTS PLN juga akan berfokus mengoptimalkan pembangkit listrik berdaya terbarukan lainnya seperti pembangkit listrik tenaga uap yang baru beroperasi pertengahan 2011 lalu. Total saat ini ada 3 PLTU yang telah berdiri, sampai 2020 nanti PLTN berencana membangun 5 pembangkit lagi.

Leave a Reply