DaftarPerusahaanIndonesia.com Indonesia Companies List: Distributors, Manufactures, Suppliers

Saham Grup Bakrie Terus Turun

08.30.2012 · Posted in Uncategorized

Berdasarkan kinerja keuangan, Laba bersih tujuh perusaahaan grup bakrie selama priode 30 juni 2012-30 juni 2011 mengalami penurunan.
Saham PT. Bumin Resources Tbk merosot diikuti saham-saham emiten grup Bakrie pada penutupan transaksi rabu kemarin.


Harga saham bumi misalnya merosot 11,84%. Selama 8 hari lalu saham Bumi dan PT. Bakrie Telekom Tbk (BTEL), masing-masing merosot 35% dan 11%. Jika dilihat dari awal tahun ini rata-rata harga saham Grup Bakrie sudah turun 29%, hanya saham PT. Visi Media Asia Tbk (VIVA) menanjak naik.  Memang, Tekanan jual saham Bumi tampaknya masih akan terus terjadi, ini diperkirakan karena para pemain saham melihat kinerja buruk di semester pertama tahun 2012 dimana Bumin menderita kerugian 322 juta US, padahal pada periode sama tahun lalu bumi sanggup mencetak keuntungan 232 juta US. Sentimen negatif atas saham Bumi semakin mengental dengan kembali gagalnya Bumi mencairkan dana investasi senilai 231 juta US di Recapital Asset Managment.

Data fundamental Bumi memang mengkuatirkan, kemampuan membidik keuntungan menjadi minus 68%, sementara utang BUMI sudah 13 kali lipat dari modalnya, sulit bagi saham bumi untuk bisa rebound, ujar seorang analis.

Turunnya harga saham Bumi juga ikut menekan kapitalisasi yang sudah menyusust sebesar Rp.31,26 trilliun menjadi hanya Rp.13,92 trilliun. Kebanyakan para analis menyarankan untuk menjauhi saham grup Bakrie., bahkan analis menyatakan bahwa Bumi sudah dalam kondisi bahaya yang menuju kebangrutan finansial.  Selain Bumi, masalah finansial juga dialami Bakrie Telecom yang harus melunasi obligasi senilai Rp.650 miliar

Menanggapi pendapat negatif ini, Direktur Bumi memberi tanggapan, Perseroan tetap transparan, tanggap dan bertahan terhadap berbagai tantangan eksternal, ini merupakan saat yang berat bagi pasar terutama industri batubara yang harganya mengalami penurunan. Penjualan kami masih lebih tinggi 10% daripada tahun lalu, tambahnya.

2 Responses to “Saham Grup Bakrie Terus Turun”

  1. Edwintio Budiarto says:

    KALO MENURUT KAMI PRIBADI, ASOSIASI PENGUSAHA DI JAWA TIMUR, BAKRIE GROUP ITU KURANG CONCERN TERHADAP MASALAH LAPINDO. Bayangkan Jawa TImur terancam lahar panas Lapindo ? meski diberi penggantian pun tetap saja merugikan negara. mana upaya negara dalam menegakkan hukum ? tidak ada sama sekali.

  2. @Edwintio Budiarto
    Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya. perlu diingat bahwa komentar di website ini di moderasi. Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik.