Prinsip-Prinsip Legal Dratfting dan Desain Naskah Akademik




Pembentukan Peraturan Perundang-undangan merupakan kombinasi antara proses politik dan proses hukum. Kompleksitas yang melingkupi kedua proses tersebut sungguh amat luas. Perdebatan panjang dalam memilih alternatif-alternatif gejala sosial yang akan dicantumkan di dalam materi muatan.

Rancangan Peraturan Perundang-undangan sering mengakibatkan munculnya ketegangan politik, baik dilingkungan DPR, maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya. Berbagai keperntingan selalu mewarnai proses pembentukan Peraturan Perundang-undangan, khususnya Undang-Undang dan Peraturan Daerah.

Buku ini mengupas Prinsip-prinsip merancang Peraturan Perundang-undangan di Indonesia setelah keluarnya UU. Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Perundang-undangan, partisipasi masyarakat dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan serta menyajikan model atau desain Naskah Akademik Rancangan Peraturan Perundang-undangan.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil pengalaman, dari sebab itu buku ini sangat berguna bagi siapapun khususnya bagi mereka yang ingin dengan serius menjadikan Perancangan Peraturan Perundang-undangan, khususnya merumuskan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Perundang-undangan sebagai “profesi” yang cukup menjanjikan, di samping profesi-profesi hukum lain yang sifatnya “konvensional” seperti hakim, jaksa, mengacara (advokat), notaris ataupun konsultan hukum di perusahaan-perusahaan multinasional.

admincantik

Love writing, knitting