Mikro Biologi Umum




Mikrobiologi merupakan ilmu aneka disiplin karena ilmu ini mencakup beberapa bidang , pembagiannya dapat berdasarkan tipe mikrobia (pendekatan taksonomis) atau berdasarkan aktivitas fungsional. Berdasarkan pendekatan taksonomis, mikrobiologi dibagi menjadi virologi, bakteriologi, mikologi, fikologi dan protozoologi. Sedangkan berdasarkan pendekatanfungsional pendekatan mikrobiologi dibagi atas ekologi mikrobia, mikrobiologi industri, mikrobiologi pertanian, mikrobiologi kedokteran, mikrobiologi pangan, fisiologi mikrobia, genetika mikroba, dan sebagainya. Ada pula yang membagi berdasarkan habitat mikrobia, misalnya, mikrobiologi tanah, mikrobiologi air, mikrobiologi lautan dan lain sebagainya.

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari jasad hidup yang terlalu kecil, sulit diamati dengan mata telanjang tanpa bantuan alat pembesar. Jasad yang sangat kecil ukurannya disebut mikrobia.

Dalam buku ini dibahas tentang sejarah mikrobiologi, evolusi mikrobia, taksonomi mikrobia struktur dan organisme prokariotik, mikrobia eukariotik, virus, nutrisi dan kultivasi, pertumbuhan dan metabolisme, pengendalian, genetic, rekayasa genetik, ekologi mikrobia, mikrobiologi pertanian , mikrobiolgi bahan pangan dan mikrobiologi industri serta mikrobia pathogen dan sistem pertahanan tubuh.

admincantik

Love writing, knitting